Jadwal CPR Jakarta

6-8 Juli 2018

Biaya pendaftaran Rp.1.200.000 (Umum)

Khusus anak anggota CNI Rp.1.000.000

 

Info : Elin 0812 8182 0585


      

POWER APA YANG ANDA GUNAKAN?

Menduduki posisi tinggi dengan segala fasilitas mungkin diinginkan hamper semua orang.

Menjadi pemimpin dan berlaku sebagai seorang pemimpin sejati tentu tidak semua orang menginginkannya. Bahkan lebih banyak orang yang lebih nyaman dengan posisi mereka sebagai pengikut dan mengikuti pemimpin yang ada. Soalnya dengan kedudukan itu, mereka tidak harus bertanggung jawab terhadap visi dan rencana masa depan kelompok/organisasi dimana mereka berada. Pemimpin sejati bertanggung jawab akan hal itu semua. Semua keparcayaan dan tanggung jawab ada di pundak pemimpin.
 
Tugas pemimpin tentu tidak mudah dan bahkan sangat sulit karena harus melawan ego diri sendiri demi organisasi dan anggota mereka. Mereka bertanggung jawab terhadap masa depan organisasi tersebut. Waktu yang mereka miliki banyak untuk organisasi dan kemajuannya, atau menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi atau akan terjadi.
 
Pemimpin tidak bekerja sendiri. Mereka tetap membutuhkan orang lain untuk dapat bekerja bersama mereka mencapai visi yang sudah ditetapkan. Pemimpin harus bisa meyakinkan anggota-anggota dan rekan kerja mereka agar tetap loyal terhadap organisasi dan memiliki keinginan yang sama kuatnya dengan pemimpin untuk mencapai visi tersebut.
 
Ada banyak kualitas pemimpin yang bisa kita pelajari. Seperti kualitas kepemimpinan berikut ini, di situasi apapun kualitas seperti ini harusnya kita miliki. Leadership value yang disebutkan oleh Panduranga Bhatta menyebutkan 10 kualitas seorang pemimpin sejati yang diambil dari Ashoka’s Inscriptions.
 
1. Dana : charity, generosity, and liberty
2. Sila : moral character
3. Pariccaga : sacrificing everything for the good of the people
4. Ajjava : honesty, integrity and sincerity
5. Maddava : kindness and gentleness
6. Tapa : austerity, self-control and simple life
7. Akkoda : freedom of hatred, ill will and anger
8. Avihimsa : non-violence and promoting peace
9. Khanti : patience, forbearance, tolerance and understanding
10. Avirodha : non-opposition that is, ruling in harmony with his people

 
Jika kita memiliki kualitas ini, tentu kita memiliki kualitas yang luar biasa untuk bertindak dan mengambil posisi sebagai seorang pemimpin sejati. Ini adalah kualitas yang harus kita miliki sebagai seorang pemimpin dan telah menjadi pemimpin. Bagaimana jika masih dalam posisi merangkah ke tangga kepemimpinan, bagaimana anda mendapatkan kekuatan anda untuk menunjukkan kepemimpinan anda?
 
Para peniliti social/social scientist John French dan Bertrand Raven pada tahun 1959 mengemukakan 5 sumber power bagi anda dalam organisasi. Sumber power ini akan anda gunakan untuk membantu anda mempengaruhi anggota anda agar dapat bersama-sama mencapai visi organisasi anda.

1. Legitimate power : Power yang anda miliki karena kedudukan formal yang anda miliki saat ini. Misalnya anda sebagai Manager atau Direktur. Anda memiliki power untuk meminta bawahan anda melakukan pekerjaan seperti yang sudah direncanakan.

2. Reward power : Power yang anda miliki untuk memberikan reward/penghargaan kepada anggota anda apa yang seharusnya mereka terima.

3. Coercive Power : Power yang bisa anda gunakan untuk memberikan pusnishment kepada anggota anda, missal karena ada pekerjaan yang tidak diselesaikan.

4. Expert Power : Power yang anda miliki karena anda memiliki pengetahuan dan kemampuan yang bisa diandalkan dalam satu hal yang mendukung kinerja organisasi anda.

5. Referent Power : Power yang anda miliki karena anda memiliki anggota-anggota yang mengagumi anda, mungkin karena karisma anda atau karena sifat anda terhadap mereka sehingga anggota anda kagum kepada anda dan melakukan pekerjaan mereka demi anda.

 
Ada banyak sumber power itu bagi anda dan bagi organisasi anda. Semoga kita bisa menggunakan power yang kita miliki demi perkembangan organisasi yang lebih baik dan pencapaian visi yang tepat waktu.

 

 


 

Add comment


Security code
Refresh

ok

alt

alt

alt

Konsultasi pembina / advisor

Leila
Hi, very good site you have got going here. my web page Harper Casimiro
Friday, 07 November 2014
dena kusuma
Tanya: Kalau mau gabung bagaimana caranya nya? Jawab: Caranya mudah kok, silakan ...
Tuesday, 22 May 2012